Cara Verifikasi Paypal Gratis Dengan Bank Lokal (Status: Verified)

Bagi beberapa orang, yang ingin menekuni dunia bisnis online atau mencari pendapatan tambahan dari internet, Paypal mempunyai peranan yang sangat penting atau bahkan menjadi kebutuhan wajib bagi mereka pebisnis online. Paypal mempunyai andil dalam proses pembayaran atau transaksi internasional yang akan kita lakukan.

Sekarang untuk mendapatkan approval account Paypal, kita tidak harus mempunyai kartu kredit atau mungkin menggunakan VCC untuk memverifikasi Paypal. Cukup dengan fotocopy KTP/SIM dan fotocopy buku tabungan dari Bank Lokal, kita dapat membuat account Paypal sekaligus melakukan verifikasi untuk mendapatkan approval dari pihak Paypal.

Sebagai pengalaman, bulan lalu saya telah berhasil mendaftarkan account paypal dan dalam 1x24jam status account ter-verified. Tahapan dibawah ini yang saya lakukan untuk mendapatkan status verified pada account Paypal saya. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Berikut langkah-langkah membuat account Paypal dan verifikasinya:
  1. Jika belum memiliki account Paypal, buka halaman berikut:: Register Account Paypal
  2. Scroll kebawah, daftar/register dengan meng-klik tombol Sign Up Today!
  3. Pilih Negara Indonesia dan Bahasa Indonesia atau tetap menggunakan Bahasa English. Selanjutnya pilih rekening Primer (Premier) dan klik tombol Memulai (Get Started)
  4. Masukkan Informasi Anda:
    • Alamat email, isi dengan email Anda. Contoh: robertidha@gmail.com
    • Kata sandi/password minimal 8 karakter (jangan sama dengan password email Anda)
    • Kata sandi/password sama seperti sebelumnya masukkan kembali
    • Nama (Harus sesuai dengan KTP/SIM, data Kartu Kredit dan Rekenening di Bank)
      • apabila nama anda 1 suku kata misal Marleen: Nama Depan di isi Marleen; Nama Tengah di kosongkan; Nama Belakang di isi tanda koma (,).
      • apabila nama anda 2 suku kata misal Carlos Aquino: Nama Depan di isi Carlos; Nama Tengah di kosongkan; Nama Belakang di isi Aquino.
      • apabila nama anda 3 suku kata misal Marleen Carlos Aquino: Nama Depan di isi Marleen; Nama Tengah di isi Carlos; Nama Belakang di isi Aquino.
    • Tanggal Lahir, isi tgl/bln/tahun
    • Kebangsaan, pilih Indonesian
    • Baris 1 Alamat, isi sesuai KTP/SIM
    • Baris 2 Alamat, isi jika diperlukan, misal alamat anda tidak sesuai KTP/SIM
    • Kota, isi sesuai KTP/SIM
    • Negara Bagian/Propinsi/Wilayah, isi sesuai KTP/SIM
    • Kode Pos, isi sesuai KTP/SIM
    • Nomor Telepon, sebagai contoh: 0274 (kode area DI.Yogyakarta) 1268546xx (nomor telepon) maka penulisan yang benar: 2741268546xx, jika HP maka penulisan yang benar: 813288595xx
  5. Klik tombol Setuju dan Buat Rekening (Agree and Create Account)
  6. Selanjutnya klik link Masuk ke Rekening Saya (permintaan pengisian data Kartu Kredit abaikan)
  7. Selanjutnya cek email Anda untuk melihat email dari service@intl.paypal.com yang berisi perintah untuk mengkonfirmasi email anda dengan memberikan confirmation number atau dengan mengklik tombol "Confirm my email address", seperti contoh dibawah ini:
Sekarang anda sudah mempunyai account Paypal dengan status Belum Terverifikasi/Unverified (dengan ketentuan limit terbatas untuk melakukan pembelian online, transfer dan received uang antar account Paypal lain. Untuk menghilangkan batas limit tersebut, anda harus merubah status account Paypal anda menjadi Terverifikasi/Verified, yang artinya kebenaran alamat anda sudah dicek oleh Paypal untuk alasan keamanan.

Berikut langkah-langkah verifikasinya (bagi yang sudah punya account Paypal):
Silahkan login di account Paypal anda, dan masuk pada halaman My Account - Profile - Add/Edit Bank Account.
Pada halaman tambah rekening bank di Indonesia, isi Nama Account, Nama Bank, Kode Bank dan Nomor Rekening. Cek kembali isian anda dan klik Lanjutkan/Continue. Untuk nama dan kode bank bisa dilihat disini.

Jika sudah selesai, anda akan kembali ke halaman transaksi. Arahkan mouse ke bagian bawah dan klik Hubungi Kami/Contact Us.
Kemudian di halaman Informasi kontak Pusat Bantuan/Help Center contact information, klik Kirim Kami/Send us.

Di halaman Kirim Kami/Send us, pilih topic: Bank Account/Credit Card, dan  subtopic: Bank Account - Add/Remove/Edit, masukkan 4 digit terakhir Nomor Rekening anda, dan isi message/pesan harus berbahasa inggris, kalau gak tau harus nulis apa, copipas kalimat dibawah ini:
I have problem on verifying my paypal account since I don't have credit card and I would like to verified my paypal account using local Indonesian bank account

Klik Lanjutkan/Submit.

Anda telah selesai melakukan proses untuk mendapatkan verifikasi. Yang anda lakukan saat ini hanya menunggu jawaban dari Paypal melalui email dalam waktu 24-72 jam. Atau juga by phone, marketing Paypal akan menghubungi anda (seperti yang saya alami). Tujuannya untuk memastikan bahwa anda yang mengirimkan pesan ke mereka dan ingin menindaklajuti. Cukup jawab aja, bahwa anda sudah siap untuk melakukan verifikasi dan sudah menyiapkan data-data yang dibutuhkan oleh Paypal, seperti fotocopy id-card (KTP/SIM) dan fotocopy buku tabungan bank lokal (Indonesia).


Jika lancar, setelah anda selesai berdialog by phone, pihak marketing Paypal akan mengirimkan email yang isinya meminta anda mengirimkan 2 dokumen yang sesuai dengan data yang anda masukkan di account Paypal. Disini yang perlu disiapkan antara lain: hasil scan KTP/SIM dan scan halaman pertama buku tabungan anda yang berisi informasi Nama Account Bank, Nama Bank dan Nomor Rekening Bank (catatan: file jangan lebih dari 500kb, dan bisa terbaca dengan jelas).

Berikut saya perlihatkan contoh email dari Paypal yang berisi permintaan untuk mengirimkan data yang mereka butuhkan untuk proses verifikasi. (email yang anda terima mungkin saja tidak sama persis).


Selanjutnya anda hanya cukup me-replay email di atas dengan melampirkan 2 dokumen anda (scan KTP/SIM dan scan buku tabungan). Bisa dengan kata-kata sebagai berikut:
Dear,

With this email i attach two files as you need for verification purpose my Indonesia Bank Account.
1. Fotocopy my ID Card (KTP)
2. Fotocopy my Bank Book

Sincerely,

Your name

Jangan lupa attachment/lampirannya yah....:)

Email kedua dari Paypal yang akan ada terima adalah berisi informasi bahwa Paypal sudah menerima dokumen anda dan akan memproses dan mereview dalam waktu 24 jam. Berikut contoh email kedua yang saya terima setelah mengirimkan dokumen:


Email ketiga (terakhir) adalah email yang anda tunggu-tunggu, hanya dalam waktu sehari saya sudah menerima email yang menyampaikan bahwa "We have verified your PayPal account now". Dan setibanya email ketiga ini, maka Account Paypal anda sudah dalam keadaan Terverifikasi/Verified. Silahkan melihat dengan login ke Paypal. Selanjutnya anda bisa melakukan transfer/penarikan dari Paypal ke Rekening Bank Anda dengan mudah.


Alhamdulillah..., account Paypal ku akhirnya terverified dan sudah sedikit demi sedikit terisi dengan nominal dollar dari sumber sana-sini. Berikut tampilan Paypal ku dengan status Verified.



Smoga informasi ini mudah diikuti dan dilakukan. Selamat memverifikasi account Paypal anda. Dan satu lagi, langkah-langkah diatas tidak memerlukan biaya apapun, GRATIS!!! alias FREE!!!. Berbeda dengan verifikasi menggunakan kartu kredit atau VCC yang setiap tahun harus diperpanjang.

*Fiuh..., panjang juga yah...padahal sudah disingkat dengan tidak begitu banyak nampilin scrensot..Smoga bermanfaat.

Salam.

5 comments:

handa said...
February 22, 2011 at 7:22 PM

good...bisnis apa nih,dit,bisa dapt duit gitu.hheeh

Anonymous said...
March 22, 2011 at 12:56 PM

Good idea
Ga sampe 24 jam ane d telp ma paypal

Didit A said...
March 22, 2011 at 4:39 PM

mantab...jgn lupa bagi" dolarnya...hehehe...

Daniel said...
April 8, 2011 at 4:30 PM

info anda melahirkan bnyak manusia tdk bertanggung jawab dan membuka peluang untuk menipu..punya skill dan kemampuan gunakan untuk yg + bro..anda tidak tertipu jgn menipu..gara2 blog ini org bnyk sekali yg membuat acc pp palsu..
tq no offense

Didit A said...
April 8, 2011 at 4:44 PM

@daniel: (IMHO) masalah menjadi penipu ato bukan itu pilihan mas bro... cara ini halal dan tidak menyalahi aturan.. (baik hukum maupun paypal) coz proses approvalnya menggunakan account bank lokal yang valid dan diverifikasi oleh pihak paypal.

tp terimakasih atas kritik dan masukkannya..akan jadi feedback + bagi blog ini.

Post a Comment