Problem: Install Delphi 7 di Windows 7 Ultimate

Sebagian Delphier (sebutan programmer Delphi) yang sudah jatuh hati dengan Borland Delphi 7 dalam proses pembuatan (development) program atau software, mungkin akan enggan berhadapan dengan Windows 7 yang seperti kita tau menyuguhkan grafik dan user interface yang bagus. Setelah cari-cari info, ternyata banyak keluhan bahwa Delphi 7 tidak bisa dijalankan/running di Windows 7.

Salah satu perbedaan antara Windows XP dengan Windows 7 adalah terkait access permission. Ini menjadi salah satu faktor banyak orang yang enggan melakukan migrasi/upgrade Operating Sistem ke Windows 7. Ini juga yang menyebabkan program seperti Borland Delphi 7 tidak bisa berjalan (running) di Windows 7. Dan jangan kawatir, hal ini bisa diatasi...:)


Berikut langkah-langkah instalasi Borland Delphi 7 Enterprise di Windows 7 Ultimate:

Cara Instalasinya:
  1. Pastikan proses instalasi menggunakan login administrator.
  2. Install program Delphi 7 seperti pada windows biasanya, dan abaikan notifikasi yang muncul (klik run program).
  3. Setelah proses install selesai, jalankan Delphi 7 dan anda akan menemukan pesan error tentang mengubah nama file delphi32.$$$ menjadi delphi32.dro di lokasi /program files/delphi directories.
  4. Problem sebenarnya adalah karena proteksi Windows 7 pada directory Delphi (ini yang saya sampaikan sebelumnya diatas terkait access permission).

Cara mengatasinya / problem solving:
  1. Pastikan login sebagai administrator.
  2. Buka properties directory pada c:/program files/borland.
  3. Pada Tab awal hilangkan tanda cek pada Read-only attribute kemudian klik tombol Apply untuk mengaplikasikan perintah.
  4. Buka tab securitynya, dan berikan hak full access untuk users yang ada pakai saat ini untuk directory c:/program files/borland.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, jalankan kembali Delphi 7 anda dan......Delphi 7 siap digunakan secara normal.

Salam.

1 comments:

Unknown said...
December 25, 2015 at 3:35 PM

Numpang ya, utk sesama penikmat programming...
Minat gabung dengan tim G5?

Tim G5 mengembangkan Computer Aided Software Engineering (CASE) untuk aplikasi di displin Enterprose Resource Planning dan Manajemen ShopFloor, sasarannya adalh pabrik2 besar dengan kebutuhan system berperforma tinggi dan luas. saat ini Engine CASE kami kembangkan di lingkungan Delphi (delphi 7 dan XE 10). Kami membutuhkan teman2 yg haus pada pengembangan software yang ekstrim untuk bergabung...

hubungi saya di rudy.hermanto@g5solutions.id

salam

Post a Comment