Optimasi SEO dengan Cara Submit Sitemap Blog di Google

Untuk mempercepat proses indexing Search Engine terhadap blog kita, atau dengan kata lain agar blog kita lebih cepat ditemukan oleh mesin search engine, proses Submit Sitemap Blog di Google menjadi wajib dilakukan oleh pemilik blog.

Berikut langkah mudah untuk mengsubmit Sitemap di google:
1. Masuk ke halaman situs Webmaster Tools. (anda harus punya Google Account untuk ini)

2. Setelah masuk pada halaman tersebut, langsung scrool kebawah dan klik tombol, Add a site..., masukkan URL dari blog/website yang ingin anda submit, dan klik Continue. Dibawah ini contoh tampilannya:

3. Dari langkah 2, anda akan masuk pada halaman Verify ownership, pada tahap ini google akan memastikan anda adalah pemilik asli dari blog/web tersebut. Ada beberapa pilihan cara yang dapat kita lakukan, disini aku pilih "Add a meta tag to your site's home page" karena cara ini yang paling mudah.

4. Ikuti instruksi yang ada dibawahnya: Copy-paste meta tag yang ada dibawah (script di dalam kotak) ke blog/web kita, yaitu paste di bawah tag <head> html blog/web kita. Jika anda menggunakan blogspot, edit melalui menu Design | Edit HTML | Edit Template kemudian Save Template. Jika sudah selesai, kembali ke halaman webmaster tools dan klik tombol Verify.

5. Jika sudah benar dan verifikasi berhasil, anda akan masuk ke halaman Dashboard. Ini merupakan tahap yang paling penting, yaitu mendaftarkan sitemap kita ke google agar mesin pencari lebih mudah mengindex situs ataupun halaman blog/web kita. Langsung aja scrool kebawah dan klik Submit a Sitemap.

6. Di halaman Sitemaps, sekarang waktunya memberitahu Google tentang seluruh halaman yang ada di blog/web kita. Klik tombol Submit a Sitemap dan masukkan alamat sitemap blog anda. Untuk anda pengguna Blogspot, ada 4 jenis sitemap yang disediakan dan bisa anda submit, yaitu:
- atom.xml
- rss.xml
- feeds/posts/default?alt=rss
- feeds/posts/default

anda bisa memasukkan semua sitemap diatas, untuk lebih jelasnya berikut tampilan ketika kita submit sitemap:

Sampai dengan ini, anda sudah selesai mensubmit Sitemap blog/web anda ke Google. Jika proses submiting berhasil, akan muncul tampilan "Centang Hijau" yang artinya Google sudah berhasil mengindex seluruh halaman blog/web anda. Jika belum muncul, beri waktu Google untuk bekerja...:). Berikut tampilan hasil beberapa menit yang lalu aku mensubmit sitemap di Google:
nb: gambar diatas menunjukkan status yang sudah berhasil, dan ada satu yang masih dalam proses.



Mudah-mudahan setelah melakukan langkah-langkah diatas, blog/web anda bisa lebih cepat di-indexs oleh Google, dan harapannya pengunjung blog/web anda dari mesin pencari (search engine) bisa lebih meningkat.

Salam.

2 comments:

handa said...
February 10, 2011 at 10:46 AM

wahh...pertamax nih :D..
Thx didit, aku lebih paham akhirnnya.. ;)

Didit A said...
February 10, 2011 at 6:44 PM

@hada: sip..sama"..insyallah akan dilanjutkan tips SEO yang laen...:)

Post a Comment